Pages

Senin, 07 November 2016

Proses Rekrutmen General Banking Staff Bank BTN

Haloo semuanya..
Seneng banget rasanya hari ini, kenapa soalnya hari ini ane dinyatakan lolos seleksi PT. Bank Tabungan Negara posisi General Banking Staff dan besok ane ada jadwal pengarahan akhir gan yang tempatnya di Kantor Cabang BTN di Jalan Pemuda Surabaya, soalnya ane emang daftarnya di wilayah rekrutmen Surabaya gan.
Oke ane akan mulai cerita dari awal ane daftar sampe tahap tes akhir..

Ane lulusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang tahun 2016 Bulan September lalu, terus ane coba coba aja liat ada lowongan di Bank BTN posisinya General Banking Staff dan juga Officer Development Program wilayah rekrutmen Surabaya.
FYI aja gan kalo Posisi ini itu levelnya berada pada level staff dan satu grade di bawah ODP yg udah masuk level manager..
Jadi di Bank itu setiap posisi ada gradenya sendiri - sendiri gan..
Mulai dari Teller di grade 8 lulusan SMA, Customer Service di grade 9 lulusan D3, trus sekertaris di grade 10 lulusan D3, Business Supporting Staff di grade 11 lulusan D3, dan posisi ane alhamdulillah ada di grade 12 gan minimal lulusan S1 terus terakhir ada ODP di grade 13 minimal juga S1.

Oke langsung aja tahapan tesnya.
1. Seleksi Administrasi awal

Ane mulai daftar di website BTN gan posisi GBS tadi di wilayah rekrutmen Surabaya, tinggal isi CV gitu aja.. Mulai dari nama, tanggal lahir, pendidikan terakhir dan posisi yang dilamar..
Nah pas tahap ini ada 603 orang yg dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi awal dan bakal lanjut ke tahap wawancara awal.

2. Interview Awal
Nah pada tahap ini ada 603 orang yg bakal interview, nanti kita bakal disuruh buat download form jati diri dan nomer serta batch berapa kita nanti bakal diinterview, dam dress codenya atasan putih bawahan hitam dan tahap ini kita cuman ditanyak seputar trntang diri sendiri, pengalaman organisasi, prestasi dan juga kegiatan terakhir.

Tips : Usahakan berpenampilan serapi mungkin karena perbankan penampilang emang nomer satu gan, pake sepatu fantofel, pake dasi pokoknya serapi mungkin deh..
Dan usahakan se relax mungkin.
Usahakan cerita soal prestasi, pengalaman organisasi pas kuliah gan, soalnya ini vital banget buat bisa lolos tahap selanjutnya.

3. Psikotes

Alhamdulillah pas pengumuman psikotes nama ane muncul lagi gan, dan jangan kaget kalo yg lolos dr tahap interview awal yg lolos ke tahap ini cuman ada 95 orang heuheu..
Lah kemana 603 orang tadi???
Oke psikotes ini venuenya biasanya bekerja sama dengan Universitas Negeri setempat, berhubung ane tes di surabaya waktu itu venuenya bertempat di Fakultas psikologi Universitas Airlangga.
Disini kita nanti akan menghadapi soal soal analogi, bangun, tes pauli (koran), wartegg tes, menggambar orang, menggambar pohon dan ada FGD gan. FGD ini adalah Forum Group Discussion, jadi nanti setelah kita mati2an tes selama 5 jam kurang lebih (ane mulai tes jam 8 dan break jam 12 gan) kita bakal ada tes lisan yg namanya FGd tadi, ini nanti kita bakal dibentuk kelompok yg setiap kelompoknya ada 6 orang.

Tips : pelajarin soal soal psikotes, latian gambar orang, gambar pohon, tes koran sama wartegg tes. Nah untuk FGD usahakan kita aktif gan, jadi nanti satu kelompok bakal dikasih satu masalah terus gimana cara 6 orang ini memecahkan masalah tersebut, oya satu lagi usahakan aktif menyampaikan pendapat tapi jangan mendominasi soalnya itu juga bakal jadi nilai buruk buat agan heuheu

4. Kesehatan

Setelah ane nunggu pengumuman selama lebih dari 2 minggu akhirnya muncul lagi nama ane gan, rasanya ga percaya ane bisa lolos sampe sejauh ini soalnya pas psikotes kyak ngerasa kurang maksimal.
Dan yg lolos di tahap ini kn yg psikotes orang 95 terus yg lolos cuman 63 orang, mayan lah..
Nah tes kesehatan ini nanti kita bakal dites urin, darah, ECG (Rekam Jantung), Tes fisik meliputi pengukuran TB dan BB, tensi darah, dan tes buta warna terus yg terakhir rontgen dan tes visual mata.
Venuenya waktu itu di RS Internasional Siloam Surabaya

Tips : Olahraga secukupnya, Istirahat secukupnya (jangan begadang gan), minum susu bear brand satu aja tiap hari, minum air 2 liter sebelum tes dan buat yg cewe usahain jangan mens.. (lah emang bisa yak diatur? Heuheu) soalnya bakal ngaruh nanti urinnya, soalnya temen ane cewe ga ada yg lolos pas kesehatan dia lagi mens.

5. interview Akhir

Akhirnya setelah tes kesehatan ane langsung interview akhir gan, soalnya pas kesehatan ane yakin banget lolos soalnya ane ga pernah ada riwayat penyakit gan..
Nah tes terakhir ini yg lolos jadi tinggal 48 orang,
48 orang ini nanti bakal interview akhir di tempat yg sama pas interview awal..
Iya di BTN jalan Pemuda, Surabaya.
Nanti disini sistematikanya sama kyak interview awal cuman kita ga harus pake nomor dada lagi soalnya udah dikit orangnya..

Tips : Relax aja dan sama kyak interview awal.

6. Pengarahan Akhir

Dan jeng jeng..
Ini momen paling deg2n sepanjang hidup ane gan, gimana engga ternyata nama ane muncul lagi dr 40 orang yg dinyatakan lolos sebagai General Banking Staff wilayah rekrutmen Surabaya..
Dan ane bakal ada pengarahan akhir besok gan di BTN Jalan pemuda dan hari sabtu ane bakal pendidikan di Jakarta selama 2 minggu..

Sekian cerita ane gan mudah2an ada manfaatnya,
Di agama ane pernah dijelasin kalo.sebaik2nya orang adalah yg ilmunya bermanfaat untuk orang lain 😆
jangan lupa difollow IG saya ya :D
@kataaldy (promote sorry norak :D)

62 komentar:

  1. Mau tanya kak, isi pengarahan akhirnya kemarin apa ya kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengarahan akhir sih cuman dijelasin secara umum aja sih nanti di jakarta dikasih tau sueuh bawa perlengkapan yang harus dibawa..
      sama pengarahan soal gaji, apa aja yg didapet kalo jadi pegawai dll

      Hapus
  2. Gan mau tanya donk, kana udh kerja ni di GBS, gmna sistem kerja di GBS itu sendiri gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. GBS itu cuman rekrutmennya aja, kurang lebih BSS sama GBS sama aja sih..
      perbedaannya cuman masalah grade aja, GBS lebih tinggi dan satu tingkat di bawah ODP dan minimal harus S1..
      kalo sistem kerjanya yg jelas back office ntar, bisa ditempatin di unit bisnis atau supporting

      Hapus
    2. Maaf nimbrung, jadi gan kalo GBS itu ada kemungkinan jdi marketing gak? Back office bagian bisnis atau supporting itu apa aja ya? Trmakasih gan, mohon ilmunyaa :)

      Hapus
    3. tergantung cabang dimana agan ditempatin sih nantinya..
      nantinya kantor pusat cuman tentuin di kota mana agan bakal ditempatin selebihnya kebijakan cabang masing2..
      tapi kebanyakan nantinya kita ditaruh di unit bisnis gan

      Hapus
  3. wah... makasih buat infonya...sgt membantu... mhn doanya agr bsa sprti mas aldy. tq

    BalasHapus
  4. saat interview awal,klo di kuliahan kita ndak pernah ikut organisasi dan minim prestasi gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritain aja kelebihan agan..
      kita ga pernah tau dan ga bakal tau dimana passion kita kalo belum mencoba gan :)

      Hapus
  5. Boy, mau nanya untuk tinggi badan minimalkan 155 buat cewe, sementara ane dibawah 150. Sepengetahuan ente ada gak yang keterima walaupun tinggi badannya gak memenuhi kriteria. Ane baru aja dapat panggilan buat interview bagian gbs. Cuman dilema di tinggi badan

    BalasHapus
  6. Boy, mau nanya untuk tinggi badan minimalkan 155 buat cewe, sementara ane dibawah 150. Sepengetahuan ente ada gak yang keterima walaupun tinggi badannya gak memenuhi kriteria. Ane baru aja dapat panggilan buat interview bagian gbs. Cuman dilema di tinggi badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa kak,
      tinggi minimal cewe harus 155 cm..
      kalo cowok bisa 160 cm..
      itu udah pas interview awal diukurnya..

      Hapus
  7. mas, mau nanya nih, dari interview awal sampai interview akhir butuh waktu berapa hari ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu prosesnya sekitar hampir 2 bulan..
      seingetku aku lulus september langsung apply di BTN, terus pas pendidikan di kantor pusat bulan November

      Hapus
  8. Sangat bermanfaat mas, bagus sekali. Sukses terus

    BalasHapus
  9. kalau boleh tahu, jarak pengumuman lolos/tidak dari tahap ke tahap itu berapa lama y ?

    BalasHapus
  10. kalo boleh wawancara pake b.ing atau b.indo ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan sih bahasa indonesia, mungkin kalo ODP aja yg pake bahasa inggris..

      Hapus
  11. trs di jakarta 2 minggu biaya ditanggung kantor??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiket pesawat PP, akomodasi selama di jakarta..
      hotel selama 2 minggu..
      uang saku pas OJT..
      gaji pastinya pas udah pengangkatan jadi calon pegawai hehe

      Hapus
  12. Mas, yg lolos interview awal diumumin hari itu jg atau nunggu brp hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sih,
      beda2 ada yang 2 minggu..
      ada yg seminggu tergantung

      Hapus
  13. Kalau detail jobdesk nya GBS sendiri itu seperti apa ya? karena saya Lulusan Bahasa Inggris ya masih sedikit ilmu nya di bidang perbankan ini hehe. makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Maaf ya kak nimbrung ni. Mau bantu jawab.
      GBS itu posisi staff yg nntinya akan dit4kn pada beberpa bidang kerja untuk mendukung jalannya bisnis perusahaan & jga nnti dibekali dgn pendidikan n pelatihan mengenai pendanaan & perkreditan.
      Klo di pendanaan itu kita d tugasin untuk promosi produk2 BTN, trus di Perkreditan itu kita di tugasin untuk jadi analis kredit (menseleksi dokumen2 nasabah yg ngajuin kredit d BTN), memberikan pinjaman kredit ke debitur.
      Itu aja sih sepengetahuanku, moga bermanfaat makasih 😀

      Hapus
    3. bener banget mas edi..
      ya kurang lebih kayak gitu lah :D

      Hapus
  14. Wahh klo seleksi BTN d surabaya tes kesehatan duluan ya bru interview akhir. Klo di wilayah Ternate malah sbliknya.
    Tpi mksi mas aldy bermanfaat banget tulisannya. Insya Allah sya jga lulus d GBS BTN tinggal nunggu pengumuman pengarahan akhir minggu depan.. Insya Allah hasilnya baik. Amin
    Semangat buat teman2 semua 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, tergantung daerah masing2 sih..
      btw skrang udah jadi pegawai gan?
      posisi apa?

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Kak ojt nya cuma 2 minggu kan? Lalu balik lg ke daerah asli? Ada kemungkinan ditempatkan di luar wilayah rekrutmen ketika saya mendaftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga sih kemungkinan..
      angkatanku yg di surabaya cuman 30% yg balik ke daerah asal selebihnya disebar..

      Hapus
  17. Klo kasus yang alih jabatan dari ODP ke GBS gitu ada ga ya Kak? Kalo ada habis pengarahan akhir itu apa ada tes lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengarahan akhir itu udah yg fix ketrima

      Hapus
    2. Mas saya mau nnya, saya dapat email pengalihan dari odp ke gbs. Biasanya brpa tahap dilalui agar lulus di gbs mas?

      Hapus
  18. Kak mau tanya, aku udah ikut tea ODP BTN wil rekrut Surabaya. Kebetulan ga lolos di tes toefl dan alhamdulilah baru aja diundang utk ikut pengarahan alihstatus lamaran dr ODP dialihkan ke GBS. Utk jalur pengalihan ini ntr dites lagi ya kak ? Klo ada info setelah pgarahan ada tes apa aja ya ? Kemarin aku kan udah nglewati tes admin sm interview awal aja dan ga lanjut di tes toefl pas rekrut jalur ODP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar dimulai dr psikotes baru stepnya sama kyak GBS..

      Hapus
    2. Wah,, aku juga kemarin dapat email pengalihan status dari ODP ke GBS tapi gak bisa datang jumat kemarin 😭

      Hapus
    3. Setelah sekian lama karna ada notif kalau ada komen baru di blogger ini, akhirya mampir kesini lagi..
      Terimakasih mas udah sharing blog ini, salam kenal, saya sekarang gabung di Kcs Surabaya.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Mas, saya mau nanya. Saya udah mengikuti psikotes utk pengalihan odp ke gbs, tes setelah psikotes apa lagi ya? Tes kesehatan dulu, atau interview akhir dulu ya? Trus, jeda antara tes kesehatan ke interview akhir nya itu berapa lama ya mas? Mohon jawabannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba contoh soal psikotesnya kayakmana ya? Terimakasih

      Hapus
  21. mas mau tanya kalau GBS itu penempatan seluruh Indonesia atau domisili ya ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, kemungkinan besar di domisili (bisa sesuai KTP atau wilayah seleksinya) tapi tidak menutup kemungkinan di tempatkan diluar domisili meskipun jarang yg di tempatkan diluar domisili.

      Hapus
    2. Seluruh indonesia mbak..
      Kemungkinan di sekitar provinsi 70%, 20% di Kota rekrutmen/domisili, 10% sekantor wilayah..
      Misal aku nih rekrutmen surabaya, kemungkinannya 70 di jawa timur, 20 di surabayadan sekitarnya 10 kanwil 3 dr jawa tengah sampe kupang

      Hapus
  22. untuk GBS itu sebagai karyawan tetap atau kontrak gan ?

    BalasHapus
  23. mas maaf mau nanya, sewaktu FGD itu biasanya topiknya mengenai apa ya yang dibahas? Seputaran bank BTN itu sendiri kah atau mengenai perbankan secara umum?

    BalasHapus
  24. Mau tanya, sewaktu interview awal dan akhir ditanya interviewer pakai bahasa indonesia atau inggris ya mas? makasi

    BalasHapus
  25. kak kalau BB harus ideal kah ? kan disyarat cuma tinggi doang nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ideal lebih baik, cuman temen gue yg skrng ketrima di KC Pekalongan BBnya 90kg haha tp tinggi sekitar 171 cm sama kyak gue

      Hapus
  26. Kak mau tanya. Dari pengarahan akhir ke pelatihan 2 minggu itu jeda waktunya brp lama ya? Trs misalnya minta 1 month notice kira bisa atau tidak Kak? Terima kasih ��

    BalasHapus
  27. Halo kak, mau tanya. untuk GBS kan masih ada proses onjobtraining selama setahun setelah diterima. boleh tanya gak ya kak, apakah OJT digaji? dan apakah gajinya itu UMR atau dibawah UMR? terimakasih banyak sebelumnya Kak.

    BalasHapus
  28. Kak pengumuman tes kesehatan itu berapa lama buat ke tahap interview akhir? Daaaaan interview akhir ke pengarahan itu juga kapan jedanya? Hehe thankyouuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 harian, terus setelah final interview cuman nunggu beberapa jam aja kak..
      Hari berikutnya langsung pengarahan buat pendidikan klasikal di Jakarta.

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. kak mau tanya, jarak dari interview awal ke pengumuman selanjutnya akan mungkin gak kalo lebih dari minggu? atau kalo gada info lanjut udah dipastikan ga lolos? makasi sebelumnya

    BalasHapus